Kami akan menampilkan belasan cara dan strategi problem solving matematika yang akan membuka wawasan dan cara berfikir kritis siswa di dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang dihadapinya.
Tentu di dalam menyelesaikan problematika soal-soal matematika dibutuhkan logika dan nalar yang dibantu dengan strategi pemecahannya. Di dalam menyelesaikan masalah matematika sebenarnya hanya dibutuhkan 4 langkah yaitu :
- Mengerti dan memahami permasalahan,
- Memilih strategi,
- Mengerjakan rencana, dan
- Melakukan evaluasi.
- Terka dan Uji Kembali
- Menyederhanakan Masalah
- Melihat Pola
- Membuat Gambar atau Model
- Membuat Daftar Terurut
- Membuat Tabel
- Bekerja Mundur
- Menyisihkan Kemungkinan
- Memperhitungkan Setiap Kemungkinan
- Merubah Cara Pandang
- Berpikir Logis
- Melakukan Percobaan
- Membuat Peragaan
- Menulis Persamaan
- Metode Diagram
- Number Sense
- Menggunakan Operasi Hitung
- Menggunakan Rumus.
- Terka dan Uji Kembali
Problem Soal :
Di suatu persimpangan jalan terdapat beberapa becak dan driver Go Jek. Di sana terdapat 12 kendaraan jumlah roda seluruhnya adalah 29 buah. Berapakah jumlah masing-masing becak dan motor ?
Baca dan Pahami :
- Apa yang diketahui ?
- Apa yang ditanyakan ?
Mulailah dengan angka tengah 1 - 12, yaitu 6. Jadi ada 6 becak dan 6 motor.
Ujilah :
Becak mempunyai 3 roda dan motor 2 roda.
Becak : 6 x 3 = 18
Motor : 6 x 2 = 12
Jumlah roda = 30 (Tidak memenuhi syarat kedua, seharusnya 29).
Terkaan Kedua :
Karena jumlah roda pada terkaan pertama lebih daripada yang diketahui, maka kendaraan yang mempunyai roda lebih banyak dikurangi. Sehingga terkaan menjadi :
5 becak dan 7 motor.
Ujilah :
Becak : 5 x 3 = 15
Motor : 7 x 2 = 14
Jumlah roda = 29 (Memenuhi syarat).
MARI BERLATIH :
Problem Soal :
Dari sekumpulan bilangan 1 sampai 20. Rahma mengambil 3 bilangan berurutan. Jumlah tiga bilangan tersebut 1/5 dari hasil kali ketiganya. Bilangan mana sajakah yang diambil oleh Rahma ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar